Tips Menghadapi Pasangan Yang Suka Menuntut

Diposting oleh Summer Coffee on Sabtu, 10 Maret 2012

Siapa yang tidak gerah melihat sikap pasangan yang suka menuntut. Setiap kali selalu mempermasalahkan hal yang sebenarnya bisa dirundingakan baik - baik. Namun apabila anda mulai membiasakan diri, telinga anda sudah pasti kebal dengan segala tuntutan yang dimintanya. Apapun yang diinginkannya jika anda sanggup akan anda penuhi. Tentu tidak semuanya karena anda juga memiliki keterbatasan. Tetapi jika sikapnya yang tidak berubah tentu lambat laun akan membuat anda melawannya.

Ubah pola berpikirnya seperti yang diungkapkan oleh psikolog Agus Handini, M.Psi. Ada dua tipikal mengapa orang menjadi penuntut. Salah satunya adalah faktor pembiasaan dan kedua adalah karena pola pikir yang terbentuk. "Jika sebuah kebiasaan yang terbentuk, mungkin saja masih bisa kita ubah dengan kebiasaan lain. Namun yang sedikit sulit jika pola pikir yang sudah demikian". Sehingga harus ada usaha ekstra dan melakukan penjelaasn bahwa yang dia lakukan adalah hal yang seharusnya bisa dirundingkan terlebih dahulu agar tidak berujung pada pertengkaran.

Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk membuat pasangan mengurangi sikapnya yang penuntut :


1. Lihat Kembali Komitmen
Memutuskan untuk berpasangan berarti sudah siap dengan komitmen yang dibangun dan disepakati bersama. Nah, disitulah anda tahu apa hak dan kewajiban. Bukan menuntut, tetapi pertanyakan hak anda yang tidak terpenuhi. Lalu, apakah kewajiban sudah anda penuhi? Tentu tidak ada salahnya menanyakan hak jika kewajiban telah anda penuhi.


2. Ubah Dengan Kebiasaan
Jika sudah tahu komitmen masing-masing tentu harusnya kebiasaan yang membuat pasangan anda menuntut bisa dirubah. karena terbiasa terpenuhi segala yang dia minta inilah yangmembuat dia menjadi mudah meminta dengan paksaan dan tanpa pandang situasi dan kondisi. Segera lakukan dan rundingkan jika dia masih selalu melakukan tekanan agar andamemenuhi apa yang diainginkan.


3. Take And Give
Pola pikir memberi dan menerima sepertinya harus anda tetgaskan. Meski sebagai pasangan, tetapi hal ini harus tetap ditegaskan. Sebagai insan yang hidup berdua harusnya bisa mengatakan bahwa apapun yang diberikan pastilah ada hal yang akan diterima. Baik itu masalah ekonomi, keluarga atau masalah percintaan. Menjadi pribadi yang paham situasi dan kondisi akan membuat semakin tau arti dari memberi dan menerima.

Related Post:

Komentari

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar